My collection

The Legend: Adenium!

Grafting Adenium

Grafting (sambung batang) biasa dilakukan untuk mendapatkan varietas warna bunga baru yang beraneka ragam. semisal anda memiliki Adenium denagn bunga lokal (pink) jangan berkecil hati terlebih dahulu karena dengan sambung batang 100 warna adenium bisa ada dapatkan.

JIKA Anda punya banyak Adenium di rumah, dan Anda kerap memangkasnya (prunning), jangan sia-siakan atau dibuang begitu saja hasil pemangkasan Anda itu. Batang-batang Adenium Anda masih bisa diperbanyak. Yaitu dengan ‘memasang’nya di atas pucuk Adenium Lokal atau yang biasa disebut Kamboja Jepang.

Perbanyakan dengan cara sambung atau cara grafting itu pada dasarnya adalah menggabungkan batang atas hasil pruningan tadi, dengan batang bawah. Bahan batang bawah, harus dipilih dari tanaman Kamboja Jepang berbongol/ berdiamater mulai dari 3 cm ke atas.

Andaikata pun Anda tidak punya bahan untuk batang atas, tak perlu risau. Bahan untuk batang atas ini, banyak tersedia di pasaran dengan variasi bunga hampir mencapai 100 warna. (Lihat: Adenium Grafted)

Keunggulan yang diperoleh dengan cara perbanyakan model ini ialah, Anda dapat memperoleh tanaman yang sama atau lebih unggul dari induknya dan waktu yang dibutuhkan untuk perbanyakan relatif singkat, hanya sekitar 14 hari (2 minggu).

Cara sambung yang lazim dilakukan pada adenium adalah cara sambung pucuk (top grafting). Bagaimana caranya? IKuti petunjuk berikut:

  • Pilih tanaman untuk batang bawah dan batang atas yang sehat. Batang bawah berdiameter lebih besar daripada batang atas.

  • Gunakan pisau steril dan tajam, untuk memotong batang bawah dengan bentuk huruf V, dan potong batang atas dengan bentuk V terbaik. Panjang batang atas idealnya 3-8 cm.

  • Masukkan batang atas tsb ke dalam celah batang bawah, lalu ikat sambungan itu dengan sealtape, atau potongan plastik bening (dari kantong plastik gula pasir). Usahakan sambungan tidak terkena air.

  • Untuk mengurangi penguapan dan mempercepat tumbuhnya tunas, sisakan 2-4 helai daun pada batas atas; dan potong daun tsb menjadi setengahnya atau pangkas semua daun.

  • Bungkus batang yang disambung tadi dengan kantong plastik, dan letakkan di tempat teduh selama sekitar 7-10 hari.

  • Dalam kurun waktu itu akan terlihat munculnya tunas daun. Buka kantong plastiknya; dan taruh di bawah matahari. Dan Anda sudah berhasil, ‘menciptakan’ Adenium baru. Mudah bukan?

May 15, 2008 - Posted by | Tips & trik

1 Comment »

  1. Hai… saya dari Malaysia. Saya amat tertarik dengan blog kamu dan saya baru sahaja menanam pokok adenium. Saya ingin membuat nya lebih menarik seperti kamu lakukan. Adenium seperti pohon bonsai kerana adenium saya batangnya lurus memanjang sahaja. Tapi saya tidak memahami tulisan kamu. Harap anda faham kerana perbezaan bahasa kita. Jadi saya harap kamu dapat membantu saya. Terima kasih kerana membantu saya.

    Comment by inaberry | October 29, 2008 | Reply


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: