My collection

The Legend: Adenium!

Adenium hibrida

Ada beberapa macam adenium hibrida yang sudah dihasilkan melalui persilangan antar species Adenium. Persilangan ini banyak dilakukan oleh pemulia-pemulia Adenium yang ada di seluruh dunia (pusatnya di Taiwan, Thailand, dan USA).

1. Adenium Arabicum hibrida (Arabicum mix)

Adenium Arabicum ini merupakan silangan antara Adenium Arabicum Species dataran rendah dengan dataran tinggi, tidak ada yang tahu dengan jelas darimana muncul persilangan-persilangan itu. namun jenis ini menjadi komoditas yang sering diperdagangkan komunitas adenium.

  • Adenium Thai soco

ini adalah jenis Adenium Hibrida yang paling mahal harganya, untuk perbijinya harganya menembus kisaran Rp 22rb-Rp 25 rb (ingat biji). Adenium ini sulit diperbanyak namun dari semua jenis Adenium hibrida yang ada jenis ini paling bagus dengan cabang yang kompak meskipun tidak ditraining secara intensif. Diklaim dikembangkan oleh Thailand oleh karenanya dinamakan Thai Soco. Thai soco merupakan Adenium elit, yang biasanya dimiliki oleh kolektor papan atas. harga terakhir untuk sebuah Thai soco yang berhasil menggondol juara dalam kontes Adenium ditawar Rp 390 Jt!!!!!!!!!!

  • PNW

Arabicum silangan yang satu ini merupakan jenis Arabicum yang paling baik dijadikan dalam bentuk dwarf (bonsai/ dikuntetkan) dengan percabangan yang “gemuk” dan percabangan yang banyak. Arabicum ini menjadi komoditas yang sering diperdagangkan kolektor Adenium.

  • PMK (peth muang kong)

Arabicum ini diambil dari nama kota di Thailand

  • Black Giant

Arabicum silangan generasi pertama. dinamakan black karena bewarna coklat kehitaman baik itu cabang maupun bonggolnya.

  • Black Knight

Arabicum ini memiliki warna yang lebih gelap dibanding generasi pertama versi black yaitu Black giant. Harga mahal karena jarang mendapatkan yang benar-benar Black Knight.

  • Yak kasset

Arabicum silangan yang memiliki keistimewaan dibanding dengan yang lainnya, yaitu daun berbentuk bulat. Langka

2. Adenium mini compacta

Adenium ini tidak bisa tumbuh besar, semacam bonsai Adenium… pertumbuhan minta ampun lambatnya, jangan terlalu sering memberi pupuk dengan kadar Nitrogen tinggi, bisa merusak bentuk tanaman nantinya.

3. Adenium Petit green

Adenium ini memiliki keistimewaan. dimana jika digraftingkan akan membuat daunnya menjadi kecil-kecil (biasa disebut mutasi). sangat unik untuk membuat Adenium bonsai.

4. Adenium MRD (magic red dragon)

MRD juga memiliki keistimewaan sama seperti petit Green. MRD membawa virus yang membuat daun menjadi kecil pada Adenium yang terkena getahnya. Virus tidak berbahaya bagi kesehatan Adenium yang tertular. namun dianjurkan untuk tidak didekatkan pada Adenium lain. seperti contoh pada gambar di atas dengan jelas Adenium yang tertular virus dari Adenium MRD ini.

5. Adenium MGD (Magic green Dragon)

Sama dengan MRD namun memiliki warna daun hijau. keistimewaan juga sama.

6. Adenium cabang seribu

adenium ini memiliki cabang yang sangat rimbun cocok untuk bentuk bonsai, pertumbuhan relatif cepat. namun untuk membentuk canag yang proporsional diperlukan keuletan dan ketelatenan.

7. Adenium plastik

daunnya mirip terbuat dari plastik, mengkilap.

8. Adenium Obessum dengan beraneka ragam motif bunga

sebenarnya inilah yang biasa dijual dari Adenium: bunganya! dari bunga Adenium ini muncul hingga lebih dari 100 varietas bunga. mulai dari warna kuning hingga hitam pekat. 2 contoh di atas adalah sebagian kecil indahnya bunga Adenium ini.

May 8, 2008 - Posted by | Adenium persilangan

No comments yet.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: